Home » Sejarah

Sejarah

Pada mulanya YAYASAN YARSI hanya mempunyai perhatian terhadap masalah langkanya tenaga medis di Indonesia yang disertai pula masih sangat terbelakangnya umat islam dalam berpartisipasi di bidang pelayanan kesehatan. Hal ini tercermin dari keadaan dan situasi yang ada pada tahun 1967. Pada  waktu itu tidak ada satupun lembaga pendidikan kedokteran dan rumah sakit yang dikelola oleh lembaga Islam di Jakarta.

Terdorong oleh keadaan itulah dan sadar akan mayoritas umat Islam di Indonesia, maka pada tanggal 15 April 1967 YAYASAN YARSI mendirikan PERGURUAN TINGGI KEDOKTERAN YARSI yang kemudian pada tahun 1969 sesuai dengan ketentuan UU no.22 tahun 1961 berubah menjadi SEKOLAH TINGGI DOKTERAN YARSI.

Dorongan untuk mengembangkan SEKOLAH TINGGI KEDOKTERAN YARSI menjadi UNIVERSITAS YARSI telah mulai dipikirkan sejak tahun 1979. Dengan pengalaman mengelola program studi kedokteran yang terbukti mampu berkembang dengan mantap, tentulah akan mampu pula mengelola program studi non eksakta seperti Hukum, Ekonomi dan sebegainya. Dorongan untuk mengembangkan SEKOLAH TINGGI KEDOKTERAN YARSI menjadi UNIVERSITAS YARSI telah mulai dipikirkan sejak tahun 1979. Dengan pengalaman mengelola program studi kedokteran yang terbukti mampu berkembang dengan mantap,