Home » Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran

Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran


بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan segala karunia dan Berkah kepada kita semua. Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Fakultas Kedokteran Universitas YARSI didirikan sebagai Sekolah Tinggi Kedokteran tahun 1969. Tahun ini akan berusia 46 tahun. Pada kehidupan manusia dekade 40-an adalah rentang waktu ketika potensi terbangun sepenuhnya dan seseorang mendapati dirinya memiliki kesempatan untuk menebar manfaat sebanyak-banyaknya. Akan tetapi bila menggunakan skala peradaban maka Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (FKUY) masih berada pada tahap awal proses membangun kembali Peradaban Islam khususnya dibidang kedokteran.

Kedokteran Islam pada dasarnya adalah seorang muslim taat yang menggunakan kacamata Islam dalam hidup kesehariannya sebagai seorang dokter. Oleh karena itu FKUY berusaha membangun bi’ah Islam dalam aktivitas pendidikan seperti tata busana, etos kerja, interaksi sosial bahkan memasukkan Dokter Muslim sebagai salah satu kompetensi tambahan lokal dalam  standar kompetensi dokter lulusan FKUY. Fakultas meyakini bahwa seorang muslim dengan aqidah yang lurus, Ibadah yang shahih dan akhlak yang mulia akan melahirkan dokter yang cerdas dan professional, mandiri dan teratur, sehat jiwaraga dan bermanfaat untuk orang lain.

Pembangunan karakteristik dokter muslim kami iringi dengan pembangunan infrastruktur yang mumpuni. Seluruh aktivitas pendidikan sarjana kedokteran saat ini dipusatkan di Menara YARSI. Fakultas Kedokteran menggunakan 7 ruang kuliah amphitheater, 25 ruang laboratorium keterampilan klinis dan 52 ruang tutorial untuk menunjang kurikulum pendidikan dokter dengan orientasi Problem-based Learning. FKUY juga didukung oleh 9 laboratorium ilmu dasar kedokteran termasuk Laboratorium Biomedik Terpadu di Lt.11 untuk mendorong riset-riset kedokteran yang bermanfaat untuk masyarakat. Pendidikan profesi dokter dilaksanakan terutama di RSUD Gunung Jati Cirebon sebagai rumah sakit pendidikan utama.

Kegiatan pendidikan di organisasi oleh Pusat Pendidikan Kedokteran dengan staf tersendiri yang memiliki keahlian dalam pengembangan bidang pendidikan kedokteran. Kualitas organisasi dan manajemen kegiatan pendidikan dipantau secara Internal oleh bagian Audit Pendidikan dan dijamin secara eksternal oleh BAN-PT (akreditasi A) dan SAI global untuk ISO 9001:2000. Pada 3 tahun terakhir ini fakultas telah memfasilitasi 21 orang dosen untuk menempuh pendidikan strata 3 (S-3) dan menerima dana hibah penelitian hingga Rp. 1 Milyar dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya tenaga pendidik.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, mutu sumber daya manusia serta upaya untuk mempertahankan prestasi dan kepercayaan yang diberikan masyarakat lebih jauh lagi berusaha menyeimbangkan antara pembangunan karakter dokter muslim dan pembangunan fisik. Harmoni tersebut amat dibutuhkan agar keduanya berjalan seiring membangun kedokteran Islam sebagai kontribusi kami dalam arus kebangkitan Islam.

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 

Fakultas Kedokteran Universitas YARSI

Prof dr Hj Qomariyah MS.PKK.AIFM

Dekan