Home » BERITA TERKINI » PENGARAHAN PERSIAPAN PENDIDIKAN PROFESI DOKTER GIGI OLEH KETUA KONSIL KEDOKTERAN GIGI

PENGARAHAN PERSIAPAN PENDIDIKAN PROFESI DOKTER GIGI OLEH KETUA KONSIL KEDOKTERAN GIGI

Jakarta, 9 Januari 2015

Pada hari Jumat tanggal 9 januari 2015, Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi (PSIKG) Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (FK-UY) menghadirkan narasumber, pejabat dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), yaitu Prof. Armasastra Bahar, drg., Ph.D selaku ketua Konsil Kedokteran Gigi. Pada kesempatan ini didampingi oleh Dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, dr., M.Kes. (Dekan FK-UY), Elita Donati, dr., M.Biomed. (Wadek I FK-UY), Prof. Hj. Qomariah RS, dr., MS., PKK., AIFM (Ketua Senat Akademik UY), Hj. Isna Indrawan, dr., M.Sc. (Ketua Senat FK-UY) dan Dr. Sonya Priyadharsini, drg., M.Si (Kaprodi Ilmu Kedokteran Gigi FK-UY) serta guru besar dan staf edukatif PSIKG FK-UY.

 

Pada pengarahan ini dibuka oleh Dekan FK-UY disertai pemaparan kondisi belajar mengajar di PSIKG FK-UY dan persiapan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas YARSI (RSGM-UY) dilanjutkan pemaparan kurikulum pendidikan profesi dokter gigi di PSIKG FK-UY oleh Dr. Fazwishni Siregar, drg., Sp.Ort. (Kepala Pusat Pendidikan Kedokteran Gigi PSIKG FK-UY). Selanjutnya pengarahan persiapan pendidikan profesi Dokter Gigi diberikan oleh Prof. Armasastra Bahar, drg., Ph.D, di dalam pengarahannya beliau menjelaskan tentang pendidikan program akademik dan program profesi Dokter Gigi, kurikulum profesi yang terintegrasi dengan metoda Problem Based Learning, integrasi perawatan gigi dan mulut dari klinik Konservasi Gigi, Radiologi Kedokteran Gigi, Bedah Mulut, Periodonsia, Penyakit Mulut, Prostodonsia, Ortodonsia, Kedokteran Gigi Anak, dan Kesehatan Gigi Masyarakat & Kedokteran Gigi Pencegahan.

 

Hal-hal yang menjadi perhatian adalah tersedianya sarana belajar mengajar untuk program profesi Dokter Gigi di UY, yaitu Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) sebagai wadah pembelajaran di tingkat profesi, namun penting dan harus jelas tentang hak dan kewajiban pasien & Dokter Gigi, prosedur operasional Standar Klinik Integrasi, kontrol infeksi, gawat darurat kedokteran gigi. Tujuan utama pendidikan Dokter Gigi di PSIKG FK-UY adalah untuk menghasilkan Dokter Gigi yang kompeten, mandiri dan terampil yang memahami patient safety dan patient satisfaction. Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas institusi pendidikan harus menyiapkan perizinan program profesi oleh Dikti dan perizinan operasional RSGM untuk menjadi RSGM-P oleh Kemkes, pemenuhan sumberdaya manusia Dokter Gigi pembimbing klinik (1 Dokter Gigi untuk 5 mahasiswa) dan Dokter Gigi Spesialis (7 bidang spesialis), mahasiswa harus lulus program akademik dan lulus penyaringan Basic Life Support dan infection control, sarana dan prasarana RSGM (rasio dental unit 1:2), penjaminan mutu eksternal.

 

Setelah diskusi dan tanya jawab yang konstruktif, acara pengarahan ditutup oleh Kaprodi PSIKG FK-UY dilanjutkan peninjauan RSGM-P di lingkungan Universitas YARSI, ramah tamah, makan siang dan sholat Jumat.

 

 

Penulis : Bimo Rintoko, drg., Sp.Pros.