Home » BERITA TERKINI » BAKSOS SERANG

BAKSOS SERANG

Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi banten
28-30 November 2014

Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran
Universitas YARSI

 

Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (PSIKG FK-UY) mengadakan kegiatan bakti sosial perdana yang diadakan pada tanggal 29 November 2014 di Desa Cinangka, Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kegiatan ini bertempat di balai Desa Cinangka dan SDN Karang Bolong. Kegiatan ini tidak terlepas dari peran serta Dinas Kesehatan Kabupaten Serang yang telah merekomendasikan daerah Cinangka sebagai lahan bakti sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi yang telah menyediakan obat-abatan yang dibutuhkan serta Puskesmas Kecamatan Cinangka yang telah mengintegrasikan program bakti sosial PSIKG FK-UY 2014.

 

Kegiatan bakti sosial ini merupakan agenda pengabdian masyarakat PSIKG FK-UY yang pertama yang melibatkan seluruh staf dan mahasiswa angkatan 2012 dan 2013. Pada bakti sosial ini seluruh tindakan pengobatan gigi dan mulut dilakukan oleh seluruh dokter gigi yang juga staf edukatif PSIKG FK-UY sedangkan kegiatan di SDN dilakukan oleh mahasiswa dan dosen PSIKG FK-UY.

 

Acara bakti sosial PSIKG FK-UY terdiri dari pengobatan gigi dan mulut dewasa dan anak-anak serta pemberian obat dengan target pasien 250 orang dan pendidikan kesehatan gigi dan mulut untuk siswa SD kelas 1-6. Jumlah peserta yang mengikuti bakti sosial ini cukup banyak dan antusias, panitia membagikan kupon kepada warga sekitar desa Cinangka dan anak-anak SDN Karang Bolong yang terdiri dari 100 pasien dewasa dan 58 pasien anak.

 

Pengobatan gigi dan mulut dewasa terdiri dari ekstraksi gigi dan penambalan gigi sedangkan untuk anak-anak SDN Karang Bolong terdiri dari penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, cuci tangan bersama, sikat gigi bersama dan hiburan bagi anak-anak. Masyarakat sekitar desa Cinangka cukup senang dan sangat terbantu dengan kegiatan bakti sosial PSIKG FK-UY, dengan melihat bahwa di Puskesmas Cinangka tidak terdapat tenaga dokter gigi. Lurah desa Cinangka berharap kegiatan bakti sosial ini lebih sering dilakukan di Provinsi Banten, terutama di Kabupaten Serang.

 

Proficiat Kedokteran Gigi FK-Univ.YARSI

Penulis : Bimo Rintoko, drg., Sp.Pros.

Capture1

Picture 1 of 16